Ide Bisnis yang Cocok Untuk Anak-Anak Umur Belasan

Ide bisnis yang cocok untuk anak-anak ini bisa dicoba buat mereka yang masih usia belia tapi sudah ingin membuka usaha sukses sendiri. Siapa bilang jadi pengusaha atau membuka suatu usaha harus menunggu kalau sudah dewasa? Sekarang ini banyak sekali anak-anak muda yang bahkan baru berusia belasan tahun menjadi anak-anak yang sukses di usia mereka yang masih sangat mudah.

Inilah beberapa ide bisnis yang cocok untuk anak-anak

Mungkin Anda sudah pernah mendengar gadis bernama Almeyda Nayara, seorang pengusaha cilik yang mampu mendapatkan omset puluhan juta hanya dari menjual produk Slime ciptaannya. Atau nama seperti Chloe Purnama, Caine Monroy dan masih banyak sekali anak-anak kecil yang begitu sukses berkat ide bisnis menarik. Berikut ini beberapa contoh usaha yang bisa dilakukan:

  1. Membuat dan Menjual Aksesoris
    Membuat dan menjual aksesoris bisa dijadikan contoh usaha kecil-kecilan yang lama-lama jadi besar kalau dikerjakan dengan telaten dan kesabaran. Anak-anak biasanya sangat senang berpikir kreatif, mendesain dan prakarya. Nah, kemampuan semacam ini dapat dijadikan ide bisnis yang dapat dimulai sejak usia belia.
    Aksesoris memang biasanya dipakai oleh anak perempuan. Membuat aksesoris tidak perlu modal banyak. Anda bisa membeli beberapa pernak-pernik sebagai bahan membuat aksesoris di pasar atau toko yang menjual bahan-bahan prakarya seperti manik-manik, pita, dan semacamnya. Dari sana buatlah desain aksesoris original dan unikmu. Setelah itu aksesoris bisa dijual ke teman-teman sekolah, teman sepermainan dan masih banyak lagi.
  2. Jualan Kuliner Makanan dan Minuman
    Bisnis kuliner tidak hanya bisa dijadikan ladang penghasilan bagi orang dewasa. Anak-anak juga bisa mencoba bisnis semacam ini. Kuliner yang cocok untuk anak-anak umumnya seperti snack, es krim, minuman jus, minuman berwarna, dan lain-lain. Jika memiliki pekarangan yang besar di rumah, maka dapat berjualan di sana. Namun alangkah baiknya mencari tempat berjualan yang ramai dikunjungi oleh anak-anak. Apalagi jika ada tempat dimana anak bisa membeli makanan sekaligus bermain.
  3. Menyewakan Buku
    Tidak jarang kebanyakan orang tua sangat senang membelikan anak mereka banyak buku demi menambah ilmu dan pengetahuan dari kebiasaan membaca. Jika koleksi buku sudah sangat banyak, jangan diloakkan begitu saja, tapi hal ini bisa jadi ladang penghasilan yang dilakukan. Cobalah buka usaha sewa buku dengan memanfaatkan semua koleksi buku yang dimiliki oleh anak.
    Inilah rahasia peluang usaha buah anak sekolahan. Para orang tua bisa menyuruh anak mereka menyewakan buku-bukunya ke teman-teman sepermainan atau teman sekolah. Uang yang dihasilkan mungkin memang tidak seberapa, tapi masih dapat mengisi uang saku sehingga anak tidak perlu meminta lagi kepada orang tua mereka ataupun dapat mulai belajar menabung dari penghasilan sendiri. Lumayan, kan?
  4. Menyewakan Mainan
    Selain buku, orang tua juga bisa mendukung anaknya menjadi pengusaha sukses dengan cara menyewakan mainan yang sudah bosan dimainkan. Biasanya anak kecil memiliki koleksi mainan segudang. Kadang ada yang sudah tidak dimainkan karena bosan. Daripada mainan-mainan tersebut nganggur, maka akan lebih baik mainan itu disewakan kepada teman-teman atau anak-anak lainnya.

Usaha semacam ini sendiri sudah lumayan lama menjamur. Apalagi untuk anak-anak yang gampang bosan dengan mainan mereka, lebih baik menyewa daripada orang tua harus beli mainan baru tiap waktu. Itulah sebabnya usaha menyewakan mainan semacam ini termasuk sukses.

Itulah beberapa ide bisnis yang cocok untuk anak-anak umur belasan atau usia belia. Menjadi pebisnis sukses tidak perlu menunggu sampai dewasa, namun bisa dimulai sejak dini.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *